Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali dibuka di zona hijau pada awal perdagangan sesi I Jumat (13/9/2024), di tengah meningkatnya optimisme pasar akan pemangkasan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) secara soft landing. Pada pembukaan perdagangan hari ini, IHSG dibuka naik 0,18% ke posisi 7.811,95. Selang lima menit setelah dibuka, penguatan IHSG cenderung terpangkas bahkan mendekati zona merah yakni naik tipis 0,02% ke 7.800,02.

Nilai transaksi indeks pada awal sesi I hari ini sudah cukup ramai yakni mencapai sekitar Rp 17 triliun dengan volume transaksi mencapai 6,8 triliun lembar saham dan sudah ditransaksikan sebanyak 66.983 kali.

IHSG cenderung ‘galau’ di awal sesi I hari ini meski optimisme pasar terus meningkat terkait pemangkasan suku bunga bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) secara soft landing. Hal ini terjadi setelah dirilisnya data inflasi konsumen dan produsen AS pada periode Agustus 2024.

Pada Rabu malam waktu Indonesia, Biro Statistik Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja AS mencatat indeks harga konsumen (IHK) naik 0,2% secara bulanan (month-to-month/mtm)pada bulan lalu setelah naik dengan tingkat yang sama pada Juli lalu. Ini sesuai dengan perkiraan pelaku pasar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours