JAKARTA – Rupiah melemah terhadap dolar AS seiring mundurnya Joe Biden dari pemilihan presiden AS. Pada hari Senin, nilai rupiah dibuka melemah 0,03% menjadi Rp16.190/US$. Pelemahan ini mengikuti penurunan sebesar 0,22% kemarin.

Dalam beberapa menit perdagangan dibuka, rupiah naik di atas Rp16.200/US$. Indeks DXY turun tipis menjadi 104,33, lebih rendah dari posisi sebelumnya 104,39. Mundurnya Joe Biden, Presiden AS saat ini, dari pemilihan presiden AS mempengaruhi pelemahan rupiah.

Biden dianggap akan melawan Donald Trump pada pemilihan presiden November mendatang, namun ia tiba-tiba mengumumkan pengunduran diri melalui media sosial. Biden menyerah pada desakan dari Partai Demokrat yang khawatir ia terlalu tua dan lemah untuk mengalahkan Trump.

Biden mendukung Kamala Harris untuk menggantikannya.Arus dana asing ke pasar keuangan domestik tampak relatif menurun. Bank Indonesia mencatat investor asing membeli neto Rp0,69 triliun pada 15-18 Juli, lebih rendah dari periode sebelumnya. Mereka beli neto Rp0,67 triliun di saham dan beli neto Rp0,40 triliun di SRBI, serta jual neto Rp0,38 triliun di SBN. Jumlah tersebut jauh lebih rendah dari data transaksi sebelumnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours