Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka menguat ke level Rp15.667, Kamis (7/3/2024) karena tersengat pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell yang mengisyaratkan penurunan suku bunga tahun ini.

Mengutip data Bloomberg, rupiah dibuka melemah 38 poin atau 0,24% menuju level Rp15.667 per dolar AS. Pada saat yang sama, indeks dolar AS melemah 0,06% menuju posisi 103,3.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menyatakan pasar saat ini menunggu kesaksian dari Ketua The Fed Jerome Powell di Capitol Hill pada Rabu (6/3). Hal tersebut berhubungan dengan isyarat lebih lanjut terkait suku bunga AS.

Ibrahim mengatakan “Powell diperkirakan akan mempertahankan retorika hawkish dan memberikan sedikit isyarat mengenai penurunan suku bunga, terutama karena inflasi AS masih stagnan,” ujar nya dalam publikasi riset harian yang diterima Bisnis.

Dari dalam negeri, Ibrahim menyatakan bahwa ekonomi Indonesia berpotensi tumbuh hingga 5,15% sepanjang 2024. Proyeksi pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan pertumbuhan tahun sebelumnya yakni 5,06%

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours