Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menurunkan 2.446 personel untuk memastikan keamanan dalam penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Mereka akan terlibat dalam Operasi Puri Agung 2024 dan bergabung dalam Satgas Pamwalrolakir. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.530 personel akan ditempatkan di Polda Bali setelah diberangkatkan secara serentak pada 10 Mei. Tugas utama mereka adalah mengawal delegasi internasional dan tamu negara, serta menerapkan rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan terutama yang mengarah ke tempat acara seperti GWK.

Selain personel, Korlantas juga akan mengirimkan 310 kendaraan termasuk kendaraan roda dua, roda empat, listrik, dan kendaraan berbahan bakar fosil untuk mengawal mobilitas tamu undangan. Di antara kendaraan tersebut, ada 125 kendaraan listrik dengan perincian 75 unit roda dua dan 50 unit roda empat. Diproyeksikan akan ada sekitar 17.000 delegasi dari 170 negara yang berkumpul di Bali untuk acara tersebut.

Menurut Wakil Ketua Sekretariat Panitia Penyelenggara Nasional World Water Forum ke-10, Endra S. Atmawidjaja, acara tersebut akan melibatkan tiga proses utama: politik, tematik, dan regional. Ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan dari pemimpin negara, menteri, pemimpin daerah, akademisi, peneliti, hingga generasi muda dalam bertukar pikiran. Ada 230 sesi forum tematik, 55 acara sampingan, dan 10 sesi khusus yang akan diadakan. Pemerintah Indonesia juga mengundang kepala negara, kepala lembaga internasional, dan menteri yang terkait dengan isu sumber daya air.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours