Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) telah merencanakan untuk memulai uji coba beberapa proyek kendaraan cerdas, termasuk kereta tanpa rel, di IKN pada bulan Juli 2024. Menurut Mohammed Ali Berawi, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN, setidaknya akan ada tiga jenis kendaraan cerdas yang akan diuji sebelum perayaan HUT RI ke-79 di IKN. 

Ini mencakup kendaraan otonom, autonomous rail transit, dan advanced air mobility. Uji coba ini merupakan bagian dari upaya OIKN untuk mengembangkan IKN sebagai kota cerdas yang berkelanjutan. Ali menjelaskan bahwa pengembangan infrastruktur, sebagai sektor kritikal, bertujuan untuk meningkatkan operasional kota dan kualitas hidup penduduk. Sebagai langkah persiapan, delegasi OIKN juga berkunjung ke Port of Long Beach dalam rangkaian kegiatan Smart City Reverse Trade Mission di Amerika Serikat untuk berdiskusi tentang implementasi sistem transportasi cerdas. 

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, telah mengungkapkan rencana pemerintah untuk melakukan uji coba kereta tanpa rel pada tahun ini. Proses uji coba tersebut direncanakan akan dilakukan di area Sumbu Kebangsaan Barat IKN dengan trase sepanjang 4 hingga 5 kilometer.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours