Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif telah menetapkan harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) untuk bulan Maret 2024 sebesar US$83,78 per barel, naik 4,6% dari bulan sebelumnya yang berada di angka US$80,09 per barel.

Kenaikan ini dipengaruhi oleh serangan Ukraina pada kilang-kilang minyak Rusia yang berpotensi mengganggu pasokan bahan bakar minyak (BBM) di Asia dan Eropa, membuat pasar minyak menjadi lebih ketat. Penetapan harga tersebut diatur melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 213.K/MG.03/DJM/2024.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan peningkatan harga minyak mentah Maret 2024 adalah penurunan stok minyak mentah AS dan penurunan stok gasoline AS yang melebihi perkiraan pasar, yang dianggap sebagai indikator meningkatnya permintaan akan minyak.

Berdasarkan laporan bulanan OPEC dan IEA, permintaan minyak diproyeksikan kuat untuk tahun 2024 dan 2025. Peningkatan harga minyak mentah juga dipengaruhi oleh penurunan pasokan minyak dunia pada kuartal I 2024 sebesar 870 ribu barel per hari akibat penutupan sumur-sumur minyak karena cuaca buruk, kesepakatan penurunan produksi minyak oleh OPEC+, dan gangguan serangan Houthi di jalur pelayaran Laut Merah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours