Bank-bank Besar Mulai Merambah Ke Bisnis Paylater

Bank-bank besar mulai terjun ke bisnis beli sekarang bayar nanti (buy now pay later) atau akrab disebut paylater seiring dengan perkembangan pengguna dan transaksi yang terus meningkat. Sebagaimana diketahui, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) telah resmi meluncurkan layanan paylater yang dapat diakses melalui aplikasi myBCA. Melansir dari website resminya, Paylater BCA merupakan fasilitas kredit yang dapat digunakan sebagai alternatif pembayaran melalui scan QRIS di aplikasi myBCA.

Selain BCA, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) memiliki produk paylater meski saat ini baru nasabah terpilih saja yang bisa mendapatkan penawaran paylater di aplikasi Livin’.BMRI menargetkan layanan Livin’ Paylater akan diluncurkan pada akhir 2023. Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan untuk saat ini hanya nasabah terpilih saja yang bisa mendapatkan penawaran Livin’ Paylater dari Bank Mandiri di aplikasi Livin’. 

Sementara itu, Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin mengatakan produk paylater perbankan mirip dengan layanan kartu kredit, tetapi dengan limit kecil yang dibentuk dalam sistem yang tersendiri dengan tetap terintegrasi dalam core banking system. Lebih lanjut, dirinya menuturkan layanan paylater yang dibuat perbankan kemungkinan besar dapat unggul di pasaran. “Ya, kalau kita lihat dari permodalan, infrastruktur, human capital, SOP, ya bank lebih mumpuni, karena bagaimananapun paylater adalah konsep pembiayaan, bahkan untuk penanganan risiko, pasti bank lebih mumpuni,” ujarnya. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours