Harga cabai di pasar tradisional mengalami penurunan yang cukup signifikan setelah sebelumnya mencapai level Rp100.000 per kg selama beberapa pekan. Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, di Pasar Gondangdia, harga cabai hari ini turun menjadi Rp50.000 per kg untuk cabai merah keriting dan cabai rawit merah, serta Rp60.000 per kg untuk cabai merah besar, menandai penurunan sebesar 40% dari harga sebelumnya. 

Penurunan ini diketahui telah terjadi sejak tiga hari yang lalu menurut pedagang, yang mengindikasikan panen cabai di sentra-sentra produksi sebagai penyebabnya. Di sisi lain, harga bawang merah mengalami kenaikan menjadi Rp40.000 per kg, setelah sebelumnya turun ke angka Rp32.000-Rp35.000 per kg seminggu sebelumnya karena terendam banjir di daerah sentra produksi. Sedangkan harga bawang putih, yang merupakan komoditas impor, mengalami kenaikan menjadi Rp45.000 per kg untuk jenis bonggol dan Rp50.000 per kg untuk jenis kating. 

Hal ini dipengaruhi oleh harga dari luar negeri, sehingga tidak dapat diprediksi seperti halnya harga bawang merah yang diproduksi di dalam negeri. Data dari panel harga Badan Pangan menunjukkan bahwa secara rata-rata nasional, harga cabai mengalami penurunan, sementara harga bawang mengalami kenaikan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours