PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR), sebuah perusahaan kendaraan listrik yang dimiliki oleh Grup Bakrie, telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Pertamina Power Indonesia (PPI) dalam rangka pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Perjanjian tersebut ditandatangani pada Jumat, 15 Maret 2024.

Menurut Head of Corporate Secretary VKTR, Indah Permatasari Saugi, kerja sama ini merupakan langkah awal dalam kemitraan strategis terkait pengembangan layanan mobilitas dengan PPI, anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) yang fokus pada ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan.

Penandatanganan perjanjian ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap pendapatan dan laba VKTR di masa mendatang. Meskipun demikian, menurut Indah, informasi mengenai perjanjian ini tidak memiliki dampak material terhadap aspek hukum, keuangan, atau kelangsungan usaha perusahaan.

Melihat kinerja keuangan VKTR, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mengalami penurunan drastis sebesar 89,06% secara year-on-year (yoy) hingga akhir tahun 2023. Penjualan VKTR juga mencatatkan penurunan sebesar 0,87% yoy, dengan penjualan terbesar berasal dari segmen manufaktur.

Namun, meskipun penjualan turun, laba bruto VKTR justru mengalami kenaikan sebesar 10,76% yoy. Seiring pengumuman perjanjian kerja sama, saham VKTR mengalami kenaikan sebesar 5,84% pada hari Rabu, 20 Maret 2024, dan secara year-to-date (ytd) saham tersebut telah menguat sebesar 34,17%.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours