Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggunakan jalur darat baru untuk mengirimkan bantuan pangan ke Gaza bagian utara untuk pertama kalinya dalam tiga pekan terakhir.

Bantuan mulai dikirim pada Selasa (12/3/2024) dengan tekanan global meningkat terhadap Israel untuk memperbolehkan lebih banyak akses ke daerah pesisir Gaza di tengah ancaman kelaparan.

Koordinator bantuan PBB untuk Palestina, Jamie McGoldrick, menyatakan bahwa konvoi Program Pangan Dunia (WFP) menggunakan jalan militer Israel untuk mencapai daerah kantong di bagian utara Gaza.

Makanan yang cukup untuk 25.000 orang telah tiba di Kota Gaza pada dini hari Selasa, merupakan pengiriman pertama ke wilayah utara sejak 20 Februari, menunjukkan bahwa pengiriman melalui jalan darat memungkinkan.

Moghraby ingin meningkatkan bantuan bagi warga Gaza utara yang hampir kelaparan dengan mendapatkan akses teratur. PBB telah memperingatkan bahwa sekitar 576.000 orang di Gaza menghadapi ancaman kelaparan. AS bekerja sama dengan Israel untuk meningkatkan bantuan melalui jalur darat. Meskipun ada bantuan yang tiba melalui udara dan laut, para pejabat PBB menegaskan bahwa tidak ada yang bisa menggantikan akses darat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours