Surabaya- Harga emas dunia naik tipis pada perdagangan hari ini (12/3/2024) dan masih berada di level yang cukup tinggi, harga emas di pasar spot pukul 7:04 WIB hari ini dibuka menguat tipis 0,05% di posisi US$2.183,59 per troy ons.Apresiasi yang terjadi di awal perdagangan hari ini juga semakin memperpanjang tren penguatan harga emas dunia selama 10 hari beruntun.

Sementara itu, para pedagang saat ini memperkirakan peluang sekitar 59,3% untuk penurunan suku bunga pada bulan Juni, menurut data dari alat CME FedWatch.

Peningkatan harga emas didorong oleh suku bunga rendah yang mengurangi biaya oportunis memegang emas batangan tanpa imbal hasil, sementara pembelian oleh bank sentral juga turut mendukungnya. Hal ini tercermin dari sentimen bullish, di mana spekulan emas COMEX meningkatkan posisi net buy mereka sebanyak 63.018 kontrak menjadi 131.060 dalam pekan yang berakhir pada 5 Maret, menurut data yang dirilis pada hari Jumat pekan lalu.

Analis senior City Index, Matt Simpson Mengungkapkan “Dengan spekulan besar yang meningkatkan eksposur net-long pada laju mingguan tercepat dalam 3,5 tahun pada Selasa lalu, emas jelas dalam permintaan dan pasar tidak akan kekurangan dalam jangka waktu lama sementara para pedagang memperkirakan pemotongan suku bunga oleh The Fed,”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours