Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan alasan pemerintah menggelontorkan dana Rp46 triliun untuk subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Jokowi meyakini bahwa langkah tersebut akan mendukung peningkatan akses pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dia juga menekankan bahwa kontribusi UMKM yang mencapai sekitar 65 juta terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61%, dengan tingkat penyerapan tenaga kerja mencapai 97%. Jokowi menegaskan perlunya berbagai insentif untuk pengembangan UMKM, termasuk Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Rp46 triliun.

Saat membuka acara Pembukaan BRI Microfinance Outlook 2024 di Ballroom Menara BRILiaN, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024), Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah telah menyubsidi KUR sebesar Rp46 triliun agar suku bunga bisa turun menjadi 3% untuk usaha mikro dan 6% untuk usaha kecil. Selain itu, Jokowi juga memberikan ilustrasi bahwa anggaran sebesar Rp46 triliun yang dialokasikan untuk pembangunan bisa digunakan untuk membangun 40 waduk. “Jangan dipikir itu juga angka kecil, Rp46 triliun itu angka gede, itu kalau dibuat waduk jadi 40 waduk itu,” ujar Jokowi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours