G20 Dukung Solusi Dua Negara Sebagai Satu-Satunya Jalan Menuju Perdamaian Dalam Konflik Israel-Palestina

Menteri Luar Negeri negara-negara G20 hampir capai kesepakatan untuk dukung solusi dua negara sebagai satu-satunya jalan menuju perdamaian dalam konflik Israel-Palestina.

Menteri Luar Negeri Brasil, Mauro Vieira mengatakan “Hampir ada suara bulat dalam solusi dua negara sebagai satu-satunya solusi untuk konflik ini,” ungkapnya dalam penutupan pertemuan Menlu G20 di Rio de Jainero, seperti dikutip Reuters, Jumat (23/2/2024).

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pemerintah koalisi sayap kanannya sebagian besar menolak pembentukan negara Palestina. Namun, AS yang merupakan sekutu utama Israel berpendapat bahwa solusi dukung dua negara adalah satu-satunya cara yang layak untuk membawa perdamaian yang langgeng di wilayah tersebut.

Dalam sebuah konferensi pers setelah pertemuan G20, Blinken mengatakan bahwa mengakhiri konflik adalah tujuan bersama dan cara untuk mencapainya ialah melalui sebuah kesepakatan yang dibantu oleh AS untuk menjadi perantara antara Israel dan Hamas dalam hal pembebasan para sandera.

“Mungkin ada perbedaan mengenai taktik, dan mungkin ada perbedaan mengenai resolusi Dewan Keamanan ini, namun kami mencoba untuk fokus untuk mendapatkan hasil,” ujar Blinken.

Pertemuan Menlu G20, yang merupakan agenda G20 dengan presidensi Brazil tahun ini, membahas ketegangan-ketegangan yang sedang terjadi di dunia, terutama berfokus pada pertempuran di Gaza dan Ukraina.

Borrell mengatakan krisis di Gaza meluas ke Tepi Barat dan benar-benar menjadi semakin panas karena para pemukim Israel menyerang warga sipil Palestina.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours