Alasan Sebenarnya Kenapa Orang China Ada di Seluruh Dunia

Dari hampir 8 miliar penduduk bumi, orang keturunan Tionghoa mencakup 18% populasi atau sekitar 1,4 miliar jiwa. Ini belum mencakup kaum peranakan Tionghoa yang tersebar dan sudah berasimilasi dengan kebudayaan lokal di seluruh dunia. Tentu jika ditotal sudah pasti akan melebihi 1,4 miliar jiwa.

Lantas, kenapa hal ini bisa terjadi?

Jawabannya adalah karena mereka punya tradisi berkelana dan bermigrasi. Dalam sejarah modern, bukti awal dan paling ikonik dari hal ini adalah keberadaan Jalur Sutra.

Jalur Sutra pertama kali berdiri pada 130 SM yang menghubungkan Asia Timur dengan Mediterania. Lewat jalur ini, pedagang-pedagang China menjual komoditasnya ke Timur Tengah dan Eropa.

Salah satu bukti kesohoran pedagang China adalah adanya ungkapan terkenal dari jazirah Arab yang berbunyi “Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri China”. Konon, ungkapan tersebut adalah hadist atau perkataan Nabi Muhammad SAW yang dikisahkan kembali oleh para sahabatnya. Jika benar Nabi Muhammad yang hidup tahun 534-632 Masehi berkata demikian, tentu saja China sudah punya reputasi baik di mata orang Arab. 

Sejarawan Zhuang Guotu mencatat migrasi besar-besaran penduduk China terjadi dalam dua babak.

Pertama, pada abad ke-16. Penyebabnya karena mereka dibutuhkan oleh dunia seiring masifnya kolonialisme oleh negara-negara Eropa. Orang China dibutuhkan tenaga dan pikirannya untuk menjadi pekerja atau pedagang di negeri orang.

Salah satu yang membutuhkan adalah Gubernur Jenderal VOC, J.P Coen. Saat mendirikan Batavia, Coen ingin orang China menjadi pengisi wilayah. Coen menganggap orang China punya etos kerja yang baik dibanding pribumi.  Atas dasar inilah, terjadi migrasi besar orang China ke Batavia. 

Kedua, migrasi pada pertengahan abad ke-19. Pada babak kedua, alasan orang China bermigrasi dipicu oleh tingginya permintaan pekerja China oleh negara-negara Barat yang mulai menghapuskan penggunaan budak kulit hitam.

Selain itu pula, di babak kedua ini, migrasi juga didasari oleh dinamika politik internal dan bencana alam. Kedua hal ini membuat orang-orang China terpaksa bermigrasi dan memulai hidup baru di negeri orang. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours