Kronologi Skandal Korupsi Kakap Singapura, Seret Crazy Rich & Menteri

Skandal korupsi kini mengguncang Singapura. Ini memaksa Menteri Transportasi S.Irawan mundur dari pemerintah Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong.

Surat pengunduran diri sebenarnya sudah diberikan sejak 16 Januari 2024. Namun kantor PM mengumumkan resmi Kamis kemarin.

“Iswaran mengajukan pengunduran dirinya pada 16 Januari setelah mendapat pemberitahuan resmi mengenai tuduhan terhadapnya,” kata dimuat AFP, dikutip Jumat (19/1/2024).

Kronologi

Ini sebenarnya terjadi di Juli 2023. Kala itu, Biro Investigasi Praktik Korupsi (Corrupt Practices Investigation Bureau/CPIB) mengeluarkan surat perintah penangkapan kepada konglomerat Ong Beng Seng yang diduga terlibat dalam pusaran korupsi.

Ong ditengarai terlibat dalam skandal korupsi penyelenggaraan F-1. Nama Menteri Transportasi S Iswaran lalu terseret.

Ong merupakan managing director, pemilik, dan operator hotel Hotel Properties Limited (HPL), yang menjadi pemegang nama brand hotel mewah Singapura seperti Four Seasons, Intercontinental Hotels, hingga Marriott International. Ia disebut memiliki kekayaan mencapai US$1 miliar (sekitar Rp 15,6 triliun).

Di F1, Ong bertanggung jawab pada 40% penyelenggaraannya sementara 60% lain dibiayai Badan Pariwisata Singapura. Di sinilah skandal terjadi.

Di mana Ong disebut memberi grativikasi ke Iswaran, insentif agar memuluskan jalan bisnisnya dalam hal-hal yang berkaitan dengan kontrak antara GP Singapura dan Singapore Tourism Board (STB). Iswaran juga diduga memperoleh barang-barang berharga dengan nilai total sekitar 218.058 dolar Singapura (sekitar Rp 218 miliar) dari Ong tahun November 2015 dan Desember 2021.

Perlu diketahui, biaya penyelenggaraan F-1 Singapura ditaksir menembus US$ 135 juta. Ajang balap F-1 diperkirakan menghasilkan keuntungan hingga US$ 1,13 miliar sejak awal diselenggarakan di Singapura pada 2008.

Sebenarnya, Ong dan Iswaran sebenarnya sempat ditahan saat CPIB memberi pengumuman kasus. Namun keduanya bebas setelah ada jaminan.

Karena CPIB perlu mewawancarai Israwan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut, masih di bulan Juli, Lee Hsien Loong pun meminta Iswaran untuk mengambil cuti hingga masa penyelidikan aparat selesai. Iswaran sendiri bergabung dengan kabinet Lee sebagai menteri muda pada 2006 silam setelah berkarier 26 tahun sebagai anggota parlemen.

27 Dakwaan 

Persidangan kemarin menjadi penentu nasib Iswaran. Dimuat Strait Times, jaksa menjatuhkan Iswaran dengan 27 dakwaan, yakni dua dakwaan korupsi, 24 dakwaan soal suap dan kolusi, serta satu dakwaan soal mengintervensi proses hukum.

Meski demikian sebenarnya di 2023 ada sejumlah skandal muncul dalam kabinet Lee Hsien Loong. Selain penangkapan Iswaran tahun lalu, ada dua anggota parlemen PAP yang mengundurkan diri karena selingkuh.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours