Batu Bara Terkoreksi, Harga Anjlok 4,5%

Harga batu bara terkoreksi selama lima hari beruntun dan jatuh ke bawah level psikologis US$ 140. Koreksi harga batu bara terjadi seiring produksi dunia tahun ini yang mencapai rekor tertinggi sepanjang masanya sementara di sisi lain permintaan ke depan diproyeksi turun. Merujuk pada Refinitiv, harga batu bara ICE Newcastle kontrak Januari ditutup di posisi US$ 138,25 per ton atau turun 1,43% pada perdagangan Rabu (20/12/2023). Posisi tersebut adalah yang terendah sejak 5 Desember 2023 atau 11 hari terakhir.  Pelemahan kemarin juga memperpanjang derita harga batu bara yang jatuh selama lima hari beruntun. Selama lima hari tersebut harga batu bara jeblok 4,5%.

Menurut laporan batu bara terbaru dari Badan Energi Internasional (IEA), Tiongkok, India, dan Indonesia adalah tiga produsen batubara terbesar di dunia. Secara keseluruhan, negara-negara ini menyumbang lebih dari 70% total produksi batubara, sehingga secara efektif mengimbangi penurunan produksi yang terjadi di Amerika Serikat dan Uni Eropa pada tahun ini.

Amerika Serikat mencatatkan penurunan produksi batu bara. Selain itu, Amerika Serikat diperkirakan akan mengalami penurunan produksi yang lebih besar lagi hingga 2026, yang mencapai tingkat terendah dalam enam dekade. Di Eropa, meskipun produksi lignit masih signifikan, produksi tersebut diperkirakan akan sejalan dengan permintaan regional, dan diproyeksikan akan mengalami penurunan sebesar 20% pada tahun 2026.

Data EIA menyebut permintaan batu bara telah melonjak ke titik tertinggi sepanjang masa pada 2023, melampaui 8,5 miliar ton untuk pertama kalinya. Permintaan  meningkat sebesar 1,4% dari tahun lalu. Lonjakan permintaan khususnya datang dari Tiongkok yang merupakan penggerak utama. China menyumbang lebih dari separuh permintaan batu bara global. Namun, tidak semua negara berkontribusi terhadap tren peningkatan ini.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours