Performa Rupiah Membaik, Sri Mulyani Berikan Datanya

Dunia masih dalam situasi yang buruk, dengan tingkat ketidakpastian yang tinggi. Meski demikian, nilai tukar rupiah masih dalam performa yang baik hingga saat ini. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam paparan konferensi pers APBN, “Kita lihat beberapa perkembangan menunjukkan hal yang cukup baik untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia meski suasana global kita masih sangat-sangat volatile dan dinamis bulan-bulan terakhir ini,”.

Data yang ditampilkan Sri Mulyani, rupiah terapresiasi 0,64% pada 12 Desember apabila dibandingkan akhir tahun lalu atau year to date (ytd). Dibandingkan dengan negara setara, rupiah hanya kalah dari peso Meksiko dan real Brasil.

Penguatan rupiah sejalan dengan aliran modal asing yang masuk ke dalam negeri (inflow). Pada periode yang sama inflow tercatat Rp60,67 triliun. Pasar SBN inflow mencapai Rp76,33 triliun, sementara saham outflow Rp15,66 tiliun.

Sri Mulyani mengataka, “Capital flow yang sangat volatile tergantung kadang-kadang ditentukan sentimen arah perkembangan kebijakan moneter di AS menunjukkan adanya net foreign flow sebesar Rp60,67 triliun,”.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours