Belum Ada Sentimen Besar Yang Muncul Di Publik, Pasar Kripto Bergerak Variatif

Pasar kripto bergerak variatif dalam 24 jam terakhir di saat optimisme dana yang diperdagangkan di bursa (Exchange Traded Fund/ETF) bitcoin spot berpotensi disetujui pada Januari 2024. Merujuk dari CoinMarketCap pada Senin (11/12/2023) pukul 5.51 WIB, pasar kripto relatif bergerak mix. Bitcoin turun 0,49% ke US$43.802,15 meskipun secara mingguan masih menguat 0,34%. Ethereum berada di zona positif 0,16% dalam 24 jam terakhir dan dalam tujuh hari terakhir tumbuh 7,26%. XRP terdepresiasi 1,65% secara harian dan secara mingguan masih naik 6,09%.

CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital turun tipis 0,03% ke angka 1.824,8. Open interest terdepresiasi 0,83% di angka US$40,74 miliar. Sedangkan fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 80 yang menunjukkan bahwa pasar berada di fase extreme greed/sangat optimis dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Pergerakan kripto dalam 24 jam terakhir relatif stabil sebab saat ini belum ada sentimen yang cukup besar yang tercuat ke publik hingga akhirnya membuat pasar kripto bergejolak. Kendati demikian, potensi persetujuan ETF Bitcoin pada awal Januari 2024 telah memicu optimisme di kalangan investor, dan para analis memperkirakan siklus kenaikan yang kuat. Selama periode ini, bitcoin dan altcoin mencapai level tertinggi tahunan baru. Kebangkitan pasar kripto baru-baru ini dilaporkan disebabkan oleh perubahan sikap SEC terhadap persetujuan ETF. Meskipun pada awal tahun ini terdapat penundaan dalam tanggapan regulator terhadap pengajuan ETF, indikasi menunjukkan bahwa SEC mungkin telah mengambil sikap yang lebih akomodatif.

Saat ini, SEC sedang meninjau 13 permohonan ETF Bitcoin yang diajukan oleh perusahaan manajemen aset besar seperti BlackRock, Fidelity, Grayscale Investments, dan ARK Investments. Yang perlu diperhatikan adalah fakta bahwa beberapa perusahaan ini telah membuat pembaruan signifikan terhadap aplikasi mereka dalam seminggu terakhir, yang menunjukkan sifat dinamis dari proposal mereka. Persetujuan yang diantisipasi dari ETF Bitcoin spot siap untuk menarik investor konservatif, yang berpotensi menghasilkan aliran dana masuk yang signifikan ke dalam ruang kripto. Harapannya adalah hal ini akan memperkuat pasar, berpotensi memicu siklus kenaikan yang lebih kuat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours