Jokowi Sorot Perputaran Uang Di Indonesia Menciut Tahun Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyorot soal perputaran uang di Indonesia yang menciut tahun ini. Dia khawatir hal ini  bisa mengganggu sektor riil. Dia pun meminta agar perbankan tidak menghabiskan likuiditas untuk membeli instrumen yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), seperti Surat Berharga Negara (SBN), Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI), dan sekuritas valuta asing Bank Indonesia (SVBI).

Saya mengajak seluruh perbankan harus prudent harus hati-hati tapi tolong lebih di dorong lagi kreditnya, terutama bagi UMKM,” kata Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) di Kantor Pusat BI, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Data BI menunjukkan posisi uang beredar dalam arti luas (M2) pada Oktober 2023 tercatat sebesar Rp8.505,4 triliun atau tumbuh 3,4% (year on year/yoy), setelah pada bulan sebelumnya tumbuh sebesar 6,0% yoy. Pertumbuhan uang kuasi 7,8% yoy pada Oktober 2023, setelah bulan sebelumnya tumbuh 8,4% yoy pada September 2023.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso mengatakan bahwa tahun ini likuiditas memang cenderung mengetat. Ada dua hal yang menjadi penyebabnya, yakni belanja pemerintah dan capital outflow.  Dia menjabarkan realisasi belanja pemerintah pada 2023, hingga Oktober, sebesar  73,2%. Sementara itu rata-rata belanja pemerintah 2018-2022 sebesar 74,3%. Sementara itu capital outflow pada pasar saham dan obligasi menyebabkan net foreign asset menurun. “Capital outflow di surat berharga itu keluar US$ 0,28 miliar,” katanya.  Pada akhirnya kedua hal tersebut menekan rasio simpanan terhadap kredit atau loan to deposit ratio (LDR). Per September 2023, LDR industri perbankan mencapai 84%. Padahal per Desember 2022, LDR masih kurang dari 80%. 

Terpisah, Direktur PT Bank Central Asia Tbk. atau BBCA Vera Eve Lim mengatakan perlambatan pertumbuhan DPK industri, karena fenomena harga komoditas yang menurun. 

“Ini pasti juga pengaruhi CASA. Jadi, inilah mempengaruhi juga pertumbuhan kredit. Jadi tahun ini memang ada fenomena harga komoditas menurun dibanding tahun lalu. Kita harapkan tahun depan ini ada harganya lebih normal dibandingkan tahun ini,” kata Vera.

Dia pun berharap belanja pemerintah akan lebih cepat direalisasikan pada sisa kuartal IV tahun ini. Dengan demikian dapat mendorong pertumbuhan kredit dan perputaran uang di Indonesia. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours