Wishnutama Tegaskan Lagi, RI Rugi Karena Terlalu Banyak YouTuber-Tiktoker

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang sekarang menjabat Komisaris Utama Telkomsel, yaitu Wishnutama, mengungkap fakta terpendam soal perekonomian digital Indonesia. Menurut Dia, banyak yang salah kaprah mengartikan data ekonomi digital. Contohnya, pertumbuhan jumlah konten kreator yang selama ini jadi bahan andalan platform digital asing untuk menggambarkan dampak bisnisnya ke perekonomian Indonesia.

“Banyak yang datang kita, bilang bagus, karena mereka sudah punya jutaan konten kreator. Itu hanya buat konten kreator baru, dia yang untung, pembaginya makin banyak. Sizenya tetep sama, digital adex (iklan digital) cuma segitu,” kata Wishnutama.

Oleh karena itu, Wishnutama menilai konsep mendorong perekonomian digital tidak tepat. Indonesia harus memanfaatkan teknologi dan platform digital untuk menciptakan ekonomi baru. Wishnutama juga menegaskan data perekonomian digital Indonesia, dimana berdasarkan data, nyaris semua komponen ekonomi digital Indonesia dikuasai asing. Satu-satunya komponen ekonomi digital Indonesia yang didominasi lokal adalah sektor keuangan. Penguasaan asing paling tinggi ada di sektor media dan iklan, menyisakan 35% dari Rp88 triliun untuk pengusaha lokal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours