UMP Jakarta 2024 Naik! Inilah Tips Atur Gaji Rp 5 Juta

Dikabarkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DOI Jakarta tahun 2024 naik sebesar 3,6% dari yang sebelumnya Rp 4,9 juta menjadi Rp 5.067.381. Tentunya besar kecil sebuah gaji juga bergantung dengan gaya hidup dan pengeluaran orang yang bersangkutan. Bisa dibikang cukup, sementara ada juga yang menilai jumlah tersebut sangat kurang. Bagi kalian yang bergaji kisaran Rp 5 juta, berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan agar keuangan tetap sehat.

Pertama, setiap orang tentu memiliki keinginan yang berbeda-beda, tidaklah salah menabung atau menggunakan uang yang kita miliki untuk hal yang kita sukai asalkan sesuai porsinya. Alokasikan maksimal 10% dari gaji bulanan untuk membeli hal yang kita sukai. Kedua, memiliki dana darurat, mulailah menabung setiap bulan dengan 10% dari penghasilan sampai terkumpul banyak. Bagi Anda yang lajang, dana darurat setara 3x pengeluaran bulanan tentu cukup. Namun bagi yang sudah berumah tangga, sediakanlah minimal 6x pengeluaran bulanan. Ketiga, pastikan Anda menjadi peserta BPJS Kesehatan yang aktif.

Investasi terbaik adalah investasi pada diri sendiri. Carilah ilmu sebanyak-banyaknya agar Anda bisa mendapatkan skill baru yang akan menunjang performa Anda di dunia kerja. Fokuskan investasi pada instrumen keuangan untuk jangka panjang terlebih dahulu, umpamakan seperti dana pensiun. Tidak perlu khawatir untuk menunda keinginan jangka pendek demi mendapatkan hasil yang optimal di masa depan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours