Mantan Napi Teroris Rame-Rame Mau Nyebur Ke Sawah

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme akan mengerahkan mantan narapidana teroris untuk menggarap sawah. Namun, kapan mantan napi itu akan mulai menggarap, Amran masih belum bisa memberikan jawaban.Amran mengatakan, dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) hanya akan menyiapkan alat mesin pertanian (alsintan), teknologi, benih dan benih, sedangkan lahannya akan disuplai oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Sekitar 1.000 mantan tahanan teroris dan keluarga mereka terlibat dalam proyek ini.”Nanti lahannya dari mereka (BNPT). Ditentukan di mana tempatnya, kami tunggu lahannya di mana. Kalau mau berkebun nanti teknologi, alat mesin pertanian, bibit, benih, kami siapkan gratis,” ujar Amran saat ditemui media di Kantor Kementan Jakarta, Senin (20/11/2023).

Sebelumnya, Kepala BNPT, Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel mengatakan pihaknya ingin ikut serta dalam program swasembada beras, di samping itu pihaknya juga ingin agar program ini dapat memberikan peningkatan pada kehidupan para narapidana.
“Hal ini sesuai target Bapak Menteri agar Indonesia bisa kembali swasembada beras. Dan kami ingin ikut dalam program itu di samping akan membangun proses swasembada itu juga akan diberikan peningkatan kehidupan kepada para narapidana,” kata Rycko saat ditemui di Kantor Kementan Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Rycko menyebut program untuk meningkatkan kehidupan mantan narapidana merupakan amanat langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Salah satu program yang diamanatkan oleh presiden adalah bagaimana meningkatkan kehidupan para mantan narapidana bisa kembali produktif. Di samping program-program kawasan keamanan negara, juga ingin mereka memiliki kesempatan untuk berusaha, bekerja, keterampilan sesuai keinginan dan talenta masing masing. Ada yang ingin jadi penjahit untuk pakaian, atau petani. Kemudian salah satunya adalah memberikan manfaat untuk peluang perkebunan dan pertanian,” jelasnya.
Oleh karena itu, lanjut Rycko, pihaknya meminta pendapat dan instruksi Menteri Pertanian (Mentan) agar dapat memberikan sarana dalam melaksanakan pertanian dan perkebunan. “Tanah yang cocok, bibit yang cocok, tanamlah” dia berkata.
Sementara itu, menurut Rycko, beras menjadi komoditas yang ditanam saat ini karena sejalan dengan program Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk mengembalikan Indonesia ke swasembada beras.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours