MUI Haramkan Dukungan Pada Israel, Ini Cara Cek Produk Yang Dukung Israel

Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa yang mengharamkan dukungan terhadap Israel. Sebuah website berisi daftar produk perusahaan yang dinilai mendukung penjajahan Palestina oleh Israel viral di media sosial. Komisi Fatwa MUI merilis Fatwa Terbaru Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina pada akhir pekan lalu. Fatwa ini merekomendasikan agar umat Islam menghindari penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel. “Umat Islam dihimbau untuk semaksimal mungkin menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel serta yang mendukung penjajahan dan zionisme, ” tegas Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh dikutip dari website resmi MUI pada Jumat (17/11/2023).

Melalui fatwa tersebut, MUI juga merekomendasikan agar pemerintah mengambil langkah tegas dalam membantu perjuangan Palestina. Setelah MUI menerbitkan fatwa tersebut, daftar yang diklaim berisi produk pro Israel beredar luas di media sosial. Sekretaris Komisi Fatwa MUI Miftahul Huda telah memberikan penjelasan terkait daftar produk tersebut. Ia menegaskan bahwa MUI tidak pernah mengharamkan produk-produk tersebut. MUI juga tidak punya kompetensi untuk merilis daftar produk Israel dan afiliasinya. “Jadi, MUI tidak berkompeten untuk merilis produk Israel, atau yang terafiliasi ke Israel. Dan yang kami haramkan bukan produknya, tapi aktivitas dukungannya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (15/11/2023).

Pengguna internet bisa menggunakan website Bdnaash untuk mengecek produk tertentu terkait dengan perusahaan pendukung pendudukan Palestina oleh Israel atau tidak.

Berikut adalah cara menggunakan website Bdnaash

  • Buka laman bdnaash.com
  • Masukkan nama perusahaan atau merek yang ingin dicari tahu pada kolom pencarian yang tersedia
  • Klik ‘Ok’
  • Situs akan menunjukkan apakah merek tersebut pro Israel atau tidak

Jika merek yang dimasukkan terdaftar sebagai pendukung Israel, layar akan memunculkan kotak merah dengan tulisan ‘this brand support Israel occupation’ (produk ini mendukung Israel). Sementara itu, jika perusahaan tak terdaftar, muncul kotak berwarna hijau dengan tulisan ‘no record found on this brand’ (tak ada rekam jejak soal merek ini).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours