Prabowo Mengatakan Hanya Butuh Waktu 3 Tahun Indonesia Bisa Swasembada Pangan

Bakal calon presiden Prabowo Subianto mengatakan sesumbar program lumbung pangan atau food estate bisa membuat Indonesia tak hanya kuat dalam pasokan pangan, namun juga bisa menjadi lumbung pangan dunia. Prabowo mengaku sangat optimis keberadaan program lumbung pangan akan membantu Indonesia mencapai swasembada pangan.

Awalnya, Prabowo mengatakan lumbung pangan merupakan konsep yang telah berakar di Indonesia. Prabowo sendiri ingin menghidupkan kembali program tersebut di setiap desa, kecamatan, kabupaten provinsi, hingga skala nasional. Untuk mewujudkan hal itu, Prabowo akan memanfaatkan rawa untuk mencapai swasembada pangan. Menurut perhitungannya, Indonesia memiliki sekitar 20 juta hektare rawa yang belum dimanfaatkan.

Apabila swasembada pangan tercapai, Prabowo menyebut Indonesia dapat membantu negara lain dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka. Maka itu prabowo menyebut Indonesia berpotensi menjadi lumbung pangan dunia. Program swasembada pangan merupakan konsep yang telah digaungkan oleh Prabowo sejak lebih dari 20 tahun lalu. Ia menegaskan negara merdeka adalah negara yang tidak menggantungkan pangan dari negara lain.

“Tidak ada negara merdeka yang tergantung makannya dari bangsa lain. Dan sekarang terbukti dengan perang Ukraina, banyak negara tidak mau jual pangan. India menghentikan. Vietnam, Thailand, ada 22 negara penghasil pangan menghentikan ekspor pangan. Saya bertanya, bangsa Indonesia mau apa? Jadi tidak ada jalan lain, kita harus swasembada pangan dan swasembada pangan akan kita capai, kita pernah capai berkali-kali, ini masalah kebijakan. Saya sangat optimis kita mampu untuk swasembada pangan,” Kata Prabowo.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours