Anies-Cak Imin Berencana Bentuk Dana Abadi Untuk Pembiayaan Riset EBT

Pasangan Capres dan Cawapres 2024 Anies Baswedan dan Muhaiminn Iskandar (Cak Iskandar) memiliki rencana untuk membentuk dana abadi yang kelak digunakan sebagai pengembangan riset untuk energi baru terbarukan (EBT). Rencana itu juga masuk dalam daftar list Visi Misi dan Program Anis-Cak Imin.

Sumber dana abadi itu diperoleh dari pendapatan sumber daya alam atau SDA seperti pada pendapatan minerba dan migas. Selain itu, Anies-Cak Imin akan mendorong masyarakat agar terlibat dalam memproduksi EBT dan memasarkannya ke PT PLN. Inovasi pembiayaan EBT nantinya akan diambil melalui pendekatan, seperti project development funding, viability gap financing, dan credit echancement funding.

“Memanfaatkan green financing dengan bunga yang kompetitif, dan merealisasikan peluang carbon trading dan bursa karbon guna mendapatkan sumber pendanaan murah dari luar negeri,” tulis Anies-Cak Imin.

Pada era Presiden Joko Widodo juga pernah mendorong skema untuk pembiayaan berkelanjutan yang saling menguntungkan untuk transisi energi di Asia Tenggara atau Asean. Proyek itu diperoleh dari riset International Renewable Energy Agency (IRENA) dalam jangka waktu hingga tahun 2050. Pada saat itu, negara Asean diharapkan telah beralih 100% pada pembangkit listrik terbarukan,

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours