Tumbuh Pesat, Ekonomi AS Tumbuh Nyaris 5% Pada Kuartal III

Ekonomi Amerika Serikat tumbuh nyaris 5% pada kuartal III/2023, laju tercepat sejak akhir 2021. Pertumbuhan ini didorong oleh belanja konsumen yang kuat. Berdasarkan laporan Biro Analisis Ekonomi Departemen Perdagangan AS yang dirilis Kamis, (26/10/2023), produk domestik bruto (PDB) AS meningkat 4,9% pada kuartal III/2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Pertumbuhan PDB ini berada di atas proyeksi pasar yang memperkirakan PDB tumbuh 4,3% dan jauh lebih tinggi dari pertumbuhan PDB kuartal II/2023 sebesar 2,1%, Melansir Reuters, belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga aktivitas ekonomi AS, tumbuh 4,0% setelah hanya meningkat 0,8% pada kuartal II/2023. Belanja konsumen menambah 2,69 poin persentase pada pertumbuhan PDB.

Sementara itu, pengeluaran pemerintah juga meningkat. Namun, investasi bisnis turun untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir karena pengeluaran untuk peralatan seperti komputer menurun. Pertumbuhan PDB AS ini menunjukkan bahwa inflasi yang mendasari mereda secara signifikan. Sebagian besar ekonom telah merevisi perkiraan mereka dan sekarang percaya bahwa The Fed dapat merekayasa pendaratan lunak atau soft landing ekonomi.

”Tidak hanya ekonomi yang secara mengejutkan tangguh, AS juga mencatat pertumbuhan yang didorong oleh produktivitas selama dua kuartal berturut-turut pada tahun 2023, yang berarti siklus bisnis masih terlihat sangat solid,” ungkap Profesor ekonomi Boston College Brian Bethune.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours