BPH MIGAS: PEMERINTAH AKAN ATUR KEMBALI KRITERIA BBM SUBSIDI

Badan Pengatur Hilir Minyak Bumi (BPH Migas) mengungkapkan, pemerintah akan mendefinisikan ulang aturan yang mengatur kriteria penerima bahan bakar subsidi (BBM), termasuk Pertalite (90 RON).

Peraturan tersebut selanjutnya akan dituangkan dalam revisi Peraturan Presiden (Perpres) no. Peraturan Menteri Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Eceran Bahan Bakar Minyak. Erika mengatakan, “Ya jadi sejauh ini kan belum ada pengaturan ya untuk Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) atau Pertalite, jadi dalam revisi Perpres itu nanti kami akan mengatur konsumen pengguna dari JBKP”.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkapkan, BBM Pertalite hanya berlaku bagi mereka yang masuk dalam kriteria subsidi BBM. “Untuk jenis kendaraan apa yang berhak, masa yang kelas 3.500 CC, 4.000 CC masa pakai (Pertalite), kan ngerusak mesinnya sendiri, kalau bisa beli (mobil) yang CC gede, duitnya banyak kan,” jelas Arifin .

Seperti diketahui, pemerintah berencana membatasi bahan bakar Pertalite, terutama melalui spesifikasi CC untuk mesin mobil. Rencananya, kendaraan yang masih diperbolehkan membeli Pertalite adalah mobil dengan kriteria mesin di bawah 1.400 sentimeter kubik (CC), serta sepeda motor di bawah 250 CC. Oleh karena itu, kendaraan di CC tidak diperbolehkan mengisi bahan bakar dengan bahan bakar Pertalite.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours