Anggaran 11 Triliun Disiapkan Untuk Pemerataan Akses Internet

Pemerataan akses internet hingga ke daerah pelosok jadi salah satu fokus pemerintah saat ini. Hal tersebut bisa terlihat dari anggaran yang disiapkan untuk penyediaan yang mencapai Rp 11 triliun. Jumlah tersebut berasal dari 63% dari anggaran Kementerian Kominfo yang dibagi kepada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) untuk penyediaan akses internet.

Jumlah anggaran Kominfo sendiri mencapai Rp 19 triliun, artinya Bakti mendapatkan Rp 11 triliun untuk pemerataan internet di seluruh negeri. Bakti sendiri memiliki tugas mulai dari membangun dan mempersiapkan infrastruktur digital, literasi digital, dan transformasi digital pemerintah. Untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi mengumumkan pembentukan Satgas Bakti Kominfo.

Satgas diberikan waktu satu tahun untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut. Budi memberikan waktu masa kerja mulai dari Oktober 2023 hingga Oktober 2024, atau saat masa jabatan dirinya sebagai Menkominfo habis. “Tujuan dibentuknya satgas diberikan kewenangan memberikan arahan dan rekomendasi dan solusi kepada Bakti untuk ditindaklanjuti dengan partner kerja,” jelas Sarwoto.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours