Jokowi Meminta Bantuan China dalam Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berhentinya memuji China sebagai mitra investasi strategis bagi Indonesia. Hal ini dikatakan Jokowi saat melakukan kunjungan ke Beijing dan bertemu dengan Perdana Menteri China Li Qiang. Jokowi pun memberi apresiasi atas minat China untuk berinvestasi pada sektor perumahan dan kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Saya mengapresiasi kerja sama design planning antara Otoritas Ibu Kota Nusantara dan Kota Shenzhen, serta minat swasta China di Ibu Kota Nusantara, untuk bidang perumahan dan kesehatan,” kata Jokowi di Diaoyutai State Guest House, Beijing, China, pada Selasa (17/10/23)

Jokowi mengaku senang dapat kembali bertemu dengan Li Qiang setelah mereka jumpa saat KTT ASEAN pada September 2023. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga menawarkan sejumlah proyek kepada pengusaha China pada Forum Bisnis Indonesia-Republik Rakyat China yang digelar di China World Hotel, Beijing, China, pada Senin (16/10/23). Jokowi menjabarkan sejumlah proyek yang menjadi fokus saat ini seperti hilirisasi komoditas nikel, tembaga, timah, dan minerba lainnya. Termasuk membangun ekosistem kendaraan listrik terintegrasi untuk menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia. Selain itu, pembangunan Ibu Kota Nusantara di konsep menjadi kota hijau dalam rimba yang 60% adalah hutan, kota netral karbon pertama di Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours