Ini Biang Kerok Penjualan Mobil-Motor Ambrol

Gaikindo atau Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menunjukan penurunan penjualan retail sebesar 15,1% secara tahunan atau 14.454 unit. Dari 95.426 unit pada Setember tahun lalu hingga kini menjadi 80.972 unit pada September tahun ini. Di waktu yang sama, penjualan motor pada September 2023 anjlok 4,57% yaitu sebanyak 24.433 unit dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 534.379 unit.

Yannes Martinus Pasribu Pengamat Otomotif mengungkapkan, faktor berpengaruh penjualan mobil dan motor di bulan September 2023 efek domino kenaikan BBM nonsubsidi memicu kenaikan harga rata-rata minyak di bulan Agustus 2023 dibanding Juli 2023. Adapun momentum ‘tradisional’ tahunan. Di setiap bulan Agustus-September, beban keuangan yang dikeluarkan orang tua begitu banyak. Biaya perguruan tinggi, biaya sekolah sejalan dimulainya tahun ajaran baru, ujar Yannes.

Yannes berkata, kelompok elite tidak terganggu sama sekali dengan masalah keuangan. Ini dapat dilihat dari tren penjualan kendaraan-kendaraan preium yang stabil. Lanjutnya, menunjukkan daya beli masyarakat Indonesia, meski membaik, namuk kelompok piramida sosial terbesar yaitu kelas menengah ke bawah, tidak sama dengan kelompok atas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours