Saham GOTO Anjlok, Nadiem Makarim Sudah Lepas Kepemilikan Saham?

Nadiem Makarim dikenal sebagai pendiri perusahaan jasa ride-hailing Gojek (kini di bawah panji PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk/GOTO) sebelum menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek). Akan tetapi, rumor yang beredar menyebutkan bahwa Nadiem sudah melepas seluruh kepemilikan sahamnya perusahaan itu.

Menurut rumor yang beredar di kalangan pelaku pasar, Nadiem sudah menjual keseluruhan saham miliknya bahkan sebelum GOTO melantai (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 11 April 2022 di harga sekitar Rp 300an per lembar kepada para investor. Saham GOTO sendiri sedang tertekan. Dalam 6 hari beruntun, saham ini terus ditutup memerah. Bahkan, pada perdagangan intraday Senin (16/10/2023), saham GOTO sempat anjlok ke level terendah sepanjang masa (all time low/ATL) Rp54/saham sebelum akhirnya memangkas penurunan menjadi 1,49% ke Rp66/saham.

Amblesnya saham GOTO terjadi setelah perseroan menyelesaikan proses penambahan modal dengan menggandeng investor strategis lewat skema private placement. Meski meraup dana segar baru, investor terpantau malah ramai-ramai melepas saham GOTO. Selain itu, saham GOTO kembali ambles seiring komisaris dan Co-Chairman GOTO, William Tanuwijaya telah melepas saham Seri A miliknya sebesar 332.220.000 lembar saham atau setara dengan 0,03% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours