JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menginformasikan bahwa sebuah kota di Bulgaria sedang menjajaki kemungkinan menjalin hubungan sister city dengan Belitung. Pertemuan ini berlangsung saat ia tiba di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin dan bertemu Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia, H.E. Tanya Dimitrova, dalam rangka agenda Kemenkeu Mengajar.

Sri Mulyani menegaskan bahwa delegasi Bulgaria bertujuan untuk menjelajahi potensi kerja sama di bidang pangan, kelapa sawit, dan pariwisata. Ia juga menekankan bahwa inisiatif sister city ini merupakan langkah positif untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara. Bulgaria juga menjadi pasar yang menjanjikan untuk minyak sawit mentah, sementara Belitung dikenal sebagai daerah penghasil sawit yang penting.

“Termasuk, penjajakan sister city antara kota di Bulgaria dan Belitung. Ini merupakan awal kerja sama yang baik secara bilateral bagi kedua negara,” tuturnya, dikutip Senin (7/10/2024).

Konsep sister city dirancang untuk memperkuat ikatan sosial dan budaya antara kota-kota yang berbeda secara geografis. Banyak kota di Indonesia, seperti Bandung, telah menjalin hubungan ini, yang memberikan manfaat dalam hal pertumbuhan ekonomi, promosi budaya, dan pertukaran pengetahuan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours