Batang – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah meresmikan pembangunan Pipa Transmisi Gas Bumi Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap II. Proyek sepanjang 245 km ini mencakup ruas Batang, Cirebon, hingga Kandang Haur Timur, dengan nilai investasi sebesar Rp 2,7 triliun. Peresmian ini dilakukan oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia pada Senin, 30 September 2024, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Pipa Cisem II akan mengalirkan gas dari Lapangan Jambaran Tiung Biru yang dikelola PT Pertamina EP Cepu, dan gas ini akan disalurkan ke beberapa konsumen, termasuk Kilang Balongan di Jawa Barat yang memerlukan suplai tambahan. Proyek ini juga mencakup rencana penyambungan pipa dari Tegal ke Cilacap untuk memenuhi kebutuhan Kilang Cilacap dan pabrik Pupuk Kujang yang membutuhkan pasokan gas.

Dengan sumber pendanaan dari APBN 2024-2026, pembangunan ini diperkirakan akan selesai dalam 18 bulan, yaitu pada Februari 2026. Konsorsium KSO PT Timas Suplindo – PT Pratiwi Putri Sulung dipilih sebagai pelaksana proyek, sementara PT Amythas akan bertindak sebagai konsultan manajemen konstruksi untuk memastikan standar pelaksanaan proyek.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours