BANTEN – Data tim ekonom Bank Mandiri menunjukkan kondisi makan tabungan atau ‘mantab’ yang dialami oleh kelas menengah semakin parah pada pertengahan tahun 2024. Makan tabungan adalah istilah ketika masyarakat menggunakan tabungannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro menjelaskan pada awal tahun 2024, kondisi tabungan nasabah kelas menengah (middle) masih berada di level 99. Namun, tingkat tabungan itu terus turun hingga menyentuh level 94,8 pada Juli 2024.

Kondisi tabungan di tahun 2024 juga lebih parah dibandingkan pada 2023. Pada tahun lalu, tingkat tabungan kelompok kelas menengah masih di atas 100.Andry menyebut kenaikan tabungan golongan terbawah ini terjadi karena banyaknya bantuan sosial di awal tahun 2024. “Jadi bansos memang ada pengaruhnya, mereka rebound.”

Dia mengatakan kelas middle-upper inilah yang masih memiliki daya beli kuat. Andry mengatakan kondisi tabungan kelompok inilah yang memunculkanfenomena konser-konser tetap ramai kendati masyarakat sedang tertekan daya belinya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours