JAKARTA – Harga emas dunia terus mencapai level tertinggi sepanjang sejarah, bahkan harga emas dunia tercatat mencapai level tertinggi selama lima hari beruntun. Rekor beruntun tersebut dimulai pada perdagangan 19 September 2024 hingga 25 September 2024.

Berdasarkan data Refiniiiv harga emas dunia di pasar spot pada perdagangan Jumat (27/9/2024) di US$2.657,97 per troy ons, melemah 0,46% dibandingkan posisi sebelumnya. Sementara kinerja secara mingguan terapresiasi 1,37%.

Harga emas ditopang oleh memanasnya konflik di Timur Tegah serta stimulus ekonomi China. Konflik di Timur Tengah membuat permintaan aset aman naik sementara stimulus ekonomi China diharapkan bisa mendongkrak permintaan emas.

Sentimen pasar sedikit berubah selama sesi perdagangan AS pada Rabu kemarin, di mana tampaknya pasar di AS mulai kembali melirik data ekonomi terbaru dan yang akan dirilis hingga akhir pekan ini, karena mereka khawatir bahwa kondisi keuangan yang lebih longgar dapat memicu kembali inflasi menjauhi target bank sentral AS.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours