JAKARTA – Beberapa wilayah RI, termasuk wilayah Jakarta, sudah mulai musim hujan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan alasan musim hujan datang lebih cepat.Deputi Bidang Klimatologi Ardhasena Sopaheluwakan salah satu yang berperan mempercepat musim hujan di Indonesia adalah fenomena iklim La Nina.”Jadi kalau kita simak memang La Nina saat ini belum terjadi, tetapi kita memperkirakan nanti akan segera terjadi walaupun dengan intensitas lemah,” kata Ardhasena, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (26/9/2024).

“Lalu kalau kita lihat juga di wilayah Indonesia, ini kondisi suhu muka lautnya cukup hangat. Kondisi inilah yang menyebabkan mayoritas daerah zona musim mengawali musim hujannya lebih awal,” ia mengatakan. Sejalan dengan itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati juga mengatakan beberapa wilayah Indonesia akan mengalami puncak musim hujan lebih cepat dari periode normalnya.

“Jika dibandingkan dengan rerata klimatologisnya yaitu rerata klimatologis pada periode 1991 hingga 2020, sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan mengalami awal musim hujan yang maju atau lebih cepat yaitu sebanyak 267 zona musim (ZOM) atau 38 persen,” Dwikorita mengatakan.Dwikorita mengatakan beberapa wilayah yang mengalami musim hujan lebih cepat dari rerata klimatologisnya meliputibsebagian besar Pulau Sumatra, pesisir utara Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, sebagian besar Pulau Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT), serta sebagian besar Papua.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours