JAKARTA – Demo besar-besaran dilakukan oleh ribuan pekerja pabrik Samsung di Chennai, aksi ini diwarnai oleh aksi mogok kerja, menanggapi hal ini manajemen Samsung elctronics memberi peringatan kepada karyawan untuk tidak digaji jika terus melakukan aksi demo, adapun opsi pemecatan akan dilakukan oleh manajemen. Hal ini diketahui dari email perusahaan, dikutip dari Reuters, Senin (23/9/2024).Para pekerja mengganggu proses produksi dengan melakukan protes sejak 9 September 2024. Mereka menuntut kenaikan gaji dan pengakuan keberadaan serikat pekerja di fasilitas Samsung.

Demo Samsung menjadi salah satu yang terbesar di India sejak beberapa tahun terakhir. Aksi ini juga berdampak pada rencana Perdana Menteri India Narendra Modi dalam merayu Investor Asing untuk melakukan “Make In India” dan meningkatkan produksi elektronik menjadi tiga kali lipat dalam enam tahun mendatang.

Dalam pernyataan resminya, Samsung mengungkapkan bahwa kebijakan yang dilakukan perusahaan sudah sesuai regulasi, pihaknya juga meminta agar karyawan segera bekerja kembali. Perusahaan Samsung Indian mempekerjakan 1.800 karyawan dan sebanyak lebih 1.000 karyawan melakukan aksi demo. Pekerja di pabrik Samsung rata-rata menerima gaji bulanan sebanyak 25.000 rupee (Rp 4,5 jutaan). Mereka menuntut kenaikan gaji menjadi 36.000 rupee (Rp 6,5 jutaan).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours