PAPUA – Satgas Cartenz ungkap cara pembebasan Pilot Susi Air Philip Mehrtens yang menjadi sandera KKB Egianus Kogoya selama 1,5 tahun. Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani menjelaskan pembebasan ini dilakukan dengan upaya soft approach, seperti melakukan pendekatan dengan sejumlah tokoh agama, tokoh adat, hingga keluarga penyandera.

“Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri,” ujar Faizal dalam siaran pers, Sabtu (21/9/2024).

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Bayu Suseno mengatakan jika saat ini Philip telah dijemput dari Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab. Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob di Timika. Kemudian Philip diperiksa keadaan baik fisik maupun psikisnya dan dipastikan ia dalam keadaan stabil.

Sebelumnya, Philip Mehrtens disandera sejak (07/02/2023) setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours