JAKARTA – Di tengah keraguan ekonomi global yang terjadi pada saat ini, sektor digital mampu memasarkan banyak peluang.Keraguan ekonomi global memengaruhi beberapa faktor, mulai dari ketegangan geopolitik, kebijakan suku bunga dan volatilitas harga komoditas.

Bank Dunia memprediksi ekonomi global hanya tumbuh 2,6% pada 2024. Sementara itu, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan ekonomi dunia akan berkembang hanya 3,2% pada tahun ini.Di tengah ekonomi dunia yang sangat sedikit perubahan, kawasan ASEAN mampu berkembang tinggi dan menjadi salah satu “brightspot” dalam peta ekonomi global.Ekonomi Indonesia, Vietnam, dan Filipina mampu bangkit di atas 5% pada tahun lalu.

Kependudukan muda, tingginya konsumsi domestik,kemajuan hubungan digital, meningkatnya kelas menengah, serta pesatnya investasi langsung menjadikan kawasan ASEAN sebagai tujuan investor.Asian Development Bank (ADB) memperkirakan ekonomi Asia akan tumbuh 4,6% pada 2024 dan 4,7% pada 2025. ADB pun menjelaskan pertumbuhan kawasan ASEAN akan semakin kokoh dengan tumbuhnya pusat-pusat industri digital.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours