Jakarta – Badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tengah melanda Indonesia, akan tetapi ada kabar baik dari sektor industri, teknologi dan informasi yang alami peningkatan kebutuhan tenaga kerja yang signifikan.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi da Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM PEB UI) catat terdapat peningkatan permintaan tenaga kerja pada sektor teknologi informasi yang alami pertumbuhan hingga 15% sepanjang 2023.

“Data dari kementrian ketenagakerjaan menujukan bahwa sektor teknologi informasi mengalami pertumbuhan permintaan tenaga kerja sebesar 15% sepanjang 2023, seiring dengan percepatan transformasi digital di berbagai industri,” kata Nia Kurnia Sholihah, peneliti LPEM FEB UI, dikutip pada Jumat (13/9/2024).

Selain itu Nia juga menjelaskan dalam sektor kesehatan juga mengalami peningkatan permintaan tenaga kerja sebesar 12% pada 2023. Sementara itu pada sektor logistik juga mengalami peningkatan sebesar 18% pada 2023. Pertumbuhan permintaan pada ketiga sektor tersebut menjadi angin segar bagi pasar tenaga kerja di Indonesia. Pasalnya pada tahun pertama 2024 Kemenaker mencatat sudah ada 32.064 orang yang alami PHK.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours