BALI – Pada Selasa (3/9/2024), di Nusa Dua Bali, Arsjad Rasjid Ketua Umum KADIN menyebutkan bahwa Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) 2024 di Bali akan membuka peluang baru bagi Indonesia untuk memperluas target pasar.

“Contohnya yang kita bicarakan pada hari ini adalah Indonesia juga harus membangun bukan hanya traditional market tetapi non-traditional market. Nah, kayak Afrika dan lain- lain itu menjadi non-traditional market untuk Indonesia,”ucap Arsjad.

Misalnya, pengusaha tekstil Indonesia dapat mempertimbangkan pasar baru di Afrika, yang sedang berkembang, sebagai alternatif selain negara tujuan ekspor tradisional mereka.

“Di sinilah bagaimana kita bisa mengkoneksikan rantai pasok yang ada di Asia Tenggara, khususnya Indonesia dengan non-traditional market seperti di Afrika dan lain-lain,” lanjutnya.

Indonesia memiliki peluang untuk memperluas pasar ekspor produk lokal, tidak hanya terbatas pada pasar yang ada saat ini, sehingga dapat meningkatkan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di sektor usaha.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours