Jakarta – Indonesia pada September 2025 akan memiliki satu kilang minyak raksasa baru dan paling modern. Proyek kilang raksasa dan paling modern yang dimaksud ini yaitu proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan di Kalimantan Timur. Proyek ini dibangun oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Subholding Refining & Petrochemical Pertamina.

Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman mengatakan, dengan umur kilang yang berbeda-beda dan teknologi yang bervariasi, efisiensi operasional dari setiap kilang dapat berbeda secara signifikan. Sehingga, strategi untuk meningkatkan efisiensi energi di setiap kilang menjadi sangat penting.

“Satu kilang yang paling tua atau paling duluan ada itu dari Plaju itu dibangun tahun 1904. Ini sudah 100 tahun lebih. Kemudian yang paling modern mungkin nanti Balikpapan. Nah dengan kondisi seperti itu tentunya kan efisiensi masing-masing kilang berbeda beda,” ungkap Taufik, Selasa (3/9/2024).

Proyek RDMP RU V Balikpapan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dilaksanakan oleh PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB), anak perusahaan PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) yang merupakan Subholding Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero). Berdasarkan catatan perusahaan, proyek ini didesain dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas produksi BBM dari Euro II menjadi Euro V yang lebih ramah lingkungan, dan meningkatkan kompleksitas kilang dengan kemampuan mengolah residu bernilai rendah menjadi produk bernilai tinggi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours