Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil menguat 0,57% ke posisi 7.670,73 pada perdagangan Jumat, 30 Agustus 2024, mencatatkan kenaikan sebesar 1,68% sepanjang pekan terakhir bulan Agustus. Pergerakan IHSG ini didukung oleh pembelian signifikan oleh investor asing yang mencapai Rp6,82 triliun di seluruh pasar, dengan rincian Rp1,76 triliun di pasar reguler dan Rp5,06 triliun di pasar negosiasi dan tunai.

Namun, meskipun ada pembelian besar-besaran, beberapa saham justru dihindari oleh investor asing. Saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) menjadi yang paling banyak dijual dengan nilai net foreign sell sebesar Rp154,8 miliar, diikuti oleh PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) dengan Rp146,3 miliar, dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) sebesar Rp90,7 miliar. Saham-saham lainnya yang turut mengalami net foreign sell signifikan antara lain PT Chandra Asri Pacific Tbk. (TPIA), PT Merdeka Battery Materials Tbk. (MBMA), dan PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN).

Fenomena penjualan bersih oleh investor asing ini menunjukkan adanya sentimen negatif terhadap saham-saham tertentu meskipun IHSG secara keseluruhan mengalami penguatan. Hal ini dapat menjadi indikasi bahwa investor asing lebih selektif dalam memilih saham, meskipun mereka masih melakukan investasi dalam jumlah besar di pasar saham Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours