Bali – PT Telkom Indonesia (TLKM) berencana membangun pusat data (data center) dengan kapasitas total 400-500 megawatt (MW) hingga tahun 2030. Target ini diungkapkan oleh Direktur Group Business Telkom, Honesti Basyir, dalam konferensi pers Bali Annual Telkom International Conference pada Selasa, 27 Agustus 2024. Rencana tersebut sejalan dengan perkembangan kecerdasan buatan (AI) yang semakin masif di Indonesia.

Untuk mencapai target tersebut, Telkom akan membangun pusat data sendiri atau bekerja sama dengan perusahaan lain, baik melalui kerjasama maupun konsorsium. Selain itu, ekspansi ke negara lain juga menjadi opsi yang sedang dipertimbangkan. Saat ini, Telkom sedang menambah kapasitas pusat data hyperscale kampus 1 di Cikarang sebesar 18 MW dan membangun pusat data hyperscale berukuran 50 MW di Batam, yang diprediksi selesai pada semester 1/2025.

Meskipun Indonesia menghadapi persaingan ketat dari negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina, Honesti tetap optimistis. Menurutnya, Telkom melalui anak perusahaannya, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), dapat memanfaatkan peluang dengan bermitra bersama pemain dan investor global.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours