Skala Upah PNS Naik, Buruh Juga Minta Kenaikan 15% Pada Tahun 2024

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dimana buruh juga tergabung didalamnya menuntut kenaikan gaji sebesar 15% dibandingkan upah minimum 2024. Salah satu alasan yang mempelopori adalah PNS dan TNI-Polri yang juga akan mendapatkan kenaikan gaji. Begitu mendengar isu tersebut, dunia bisnis kemudian merespons kebijakan itu dengan aturan-aturan yang sulit dicapai.

Di sisi lain, yang terpenting dalam hal kenaikan upah, adalah upah aktual, bukan upah minimum. Sedangkan upah minimum hanya sebagian dari batas bawah atau jaring pengaman, namun tetap saja yang terpenting adalah upah rill pada kenyataannya. Upah sebenarnya sudah ditentukan di level masig-masing perusahaan berdasarkan keterampilan dan juga besar kecilnya tanggung jawab yang dipikul.

Pimpinan APINDO Shinta Kamdani menilai bahwa UU Ciptaker yang saat ini ada ianggap sudah sah dan juga jelas. Derivasi UU Ciptaker dimaksudkan untuk menjamin adanya kepastian rumusan yang telah ditentukan sehingga setiap kali ketika dibicarakan, upah minimum tidak selalu dipicu oleh perdebatan di Tripartit, namun bagaimana turunan PP dapat memberikan kejelasan. Langkah selanjutnya yang menjadi skala utama adalah membangun struktur skala gaji agar pekerja berpengalaman dapat menikmati gaji yang lebih baik dan tidak perlu berpatokan pada upah minimum.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours