JAKARTA – Franchise bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PT Pertamina (Persero) bisa dikatakan mendatangkan untung yang besar. Mengingat, produk yang dijual merupakan yang dibutuhkan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Pertamina pun menawarkan kerja sama kemitraan atau waralaba kepada seluruh masyarakat untuk membuka franchise SPBU Pertamina. Bisnis ini merupakan prospek bisnis yang menjanjikan di Indonesia, meskipun membutuhkan modal yang lumayan besar.

Terdapat juga perbedaan antara SPBU, PERTASHOP, DAN PERTAMINI yaitu:
SPBU

SPBU merupakan tempat pengisian bahan bakar lebih besar dan disediakan berbagai rest area. Bahan bakar yang dijual di SPBU juga lebih lengkap. Selain Pertalite dan pertamax dijual juga bahan bakar jenis lain, baik itu untuk kendaraan yang menggunakan bensin, maupun solar.

Pertashop

Sementara, SPBU mini atau yang dikenal dengan Pertashop (Pertamina Shop) adalah outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi pelayanannya di desa atau di kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel Pertamina.

Pertamini

Sedangkan Pertamini menjadi istilah baru bagi penjual bahan bakar eceran. Pertamini muncul ketika adanya penjualan dispenser penakar bahan bakar yang dibuat oleh masyarakat skala rumahan. Pertamini menjual bahan bakar jenis Pertalite dan Pertamax yang dibeli dari SPBU.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours