Jakarta – Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan pihaknya saat ini tengah memikirkan rencana penggunaan gas untuk smelter di wilayah Sulawesi.

“Kita memang bikin pemikiran ke situ,” jawab Arifin saat ditanya apakah ada rencana sumber energi listrik pada smelter di Sulawesi menggunakan gas, ditemui di usai sebuah acara di Pelabuhan Somber, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Dia mengatakan perhitungan kebutuhan listrik untuk smelter-smelter di Sulawesi mencapai 20 Giga Watt (GW) dan untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut masih menggunakan batu bara yang dinilai menghasilkan emisi yang besar. dan dengan sumber listrik yang direncanakan berasal dari gas tersebut maka akan menjadi antisipasi bila produk hasil smelter tersebut diekspor ke Eropa dan Amerika, dan juga menjadi antisipasi jika diberlakukan skema cross border karbon.

wilayah yang paling banyak memiliki smelter berada di Sulawesi, maka dia memperkirakan untuk bisa memasok gas di wilayah tersebut lebih baik membangun infrastruktur pipa gas yang bisa langsung mengalirkan sumber gas ke smelter yang membutuhkan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours