Jakarta – Indonesia dalam perjuangan lakukan hilirisasi menuai banyak protes, baik dari dalam negeri hingga Uni Eropa (UE) yang mengajukan gugatan ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

“awal-awal banyak yang tidak setuju, pro dan kontra dan juga yang kedua kita digugat oleh UE, oleh Uni Eropa dan kita kalah” kata Jokowi, pada peresmian pabrik bahan anoda beterai lithium milik PT Indonesia BTR New Energy Material, di kendal, jawa Tengah, Rabu (7/7/2024)

Seperti yang diketahui, pada November 2022 lalu, Indonesia dinyatakan kalah dalam gugatan Uni Eropa di Badan penyelesaian Sengketa atau Dispute Settlement Body (DSB) WTO terkait dengan larangan ekspor biji nikel sejak 2020.

“Tapi saya sampaikan negara ini adalah negara yang berdaulat, kepentingan nasional adalah segala-galanya buat kita. Tidak bisa didekte oleh siapapun” tutur jokowi. Pemerintah juga tidak bisa mundur dalam kebijakan hilirisasi “saya sampaikan pada menteri maju terus, digugat kalah, banding. nanti gak tau kalah lagi tapi kita sudah punya industri ekosistem besar dan EV maupun EV baterai sudah kita miliki” lanjutnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours