JAKARTA — Sejumlah emiten berkapitalisasi pasar besar mengalirkan belanja modal triliunan rupiah sepanjang paruh pertama 2024. Dana jumbo itu diharapkan dapat menunjang ekspansi dan berimbas positif terhadap prospek pertumbuhan di masa mendatang.

Tiga emiten jumbo yang mengalirkan capital expenditure (capex) besar a.l. PT Astra International Tbk. (ASII), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), dan PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN).

Pada tahun ini ASII sedang menyiapkan dana capex dan investasi senilai Rp32 triliun. Head of Investor Relations ASII Tira Ardianti mengatakan, mayoritas capex perseroan dialokasikan untuk menunjang lini bisnis pertambangan dan alat berat, PT United Tractors Tbk. (UNTR).

“Realisasi capex konsolidasi semester pertama ini sekitar Rp9 triliun, dan terutamanya untuk pembelian alat berat di bisnis kontraktor penambangan anak usaha kami, Grup United Tractors,” ujar Tira Ardianti.

Menurutnya untuk penggunaan anggaran investasi, ASII juga akan bergantung pada kesiapan proyek-proyek yang tengah dijalankan oleh perseroan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours