JAKARTA – Asosiasi Travel Agen Indonesia (Astindo) dan penyedia teknologi keuangan digital mengatakan penerapan QRIS dapat meminimalisir terjadinya fraud atau penipuan. Sekretaris Umum Astindo Jeffry Darjanto mengatakan penerapan QRIS atau sistem pembayaran digital bisa lebih praktis digunakan. “Transaksi digital seperti QRIS dapat mencegah terjadinya fraud atau penipuan terlebih resiko tinggi jika menggunakan pembayaran tunai,” ujar Jeffry, Jumat (2/8/2024).

“QRIS juga sangat membantu namun dengan batas nilai tertentu. Kembali lagi tergantung pada program bank yang tersedia, biasanya pelanggan akan memaksimalkan penggunaan QRIS terutama jika ada promo atau potongan harga atau gimmick tertentu,” tutur Jeffry.

Namun demikian, Astindo memberikan catatan untuk transaksi digital, yakni potongan biaya atau administrasi yang sudah ada sekiranya bisa dipertimbangkan untuk diperkecil, karena akan mempengaruhi margin pengusaha. Direktur utama PT Trans Digital Cemerlang (TDC), perusahaan penyedia jasa teknologi digital mengutip pernyataan BI bahwa QRIS telah memiliki standar nasional yang mengacu pada fitur keamanan internasional.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours